Manfaat Kesehatan dari Minum Jus Tomat


Tahukah Anda bahwa tomat adalah buah dan bukan sayuran? Mereka adalah buah beri dari tanaman tomat atau dikenal sebagai Solanum lycopersicum nightshade. Penggunaan tomat yang berkepanjangan adalah alasan mengapa kebanyakan orang biasanya tidak menyadari bahwa itu adalah buah dan bukan sayuran.


Tomat sangat populer dan dapat ditemukan di sebagian besar dapur di seluruh dunia. Ini karena selain menambah rasa pada makanan kita, mereka juga padat dengan nutrisi yang baik untuk berbagai operasi tubuh. Namun bahkan popularitas mereka tidak dapat menyelamatkan mereka beberapa ratus tahun yang lalu ketika mereka dianggap beracun karena mereka adalah bagian dari keluarga nightshade.


Asli dari Amerika Selatan, tomat memiliki profil nutrisi yang mengesankan yang terdiri dari antioksidan seperti likopen, vitamin K dan C, kalium dan folat. Tapi itu belum semuanya. Mereka juga memiliki kandungan air dan serat yang tinggi dan rendah karbohidrat. Semua itu juga bisa ditemukan dalam jus.


Senyawa lain yang dapat ditemukan dalam tomat dan jus adalah beta-karoten, asam klorogenat, naringenin, dan likopen. Tomat matang muncul dalam berbagai warna mulai dari ungu, kuning, hijau, oranye hingga merah yang paling umum. Varietas yang berbeda di mana itu terjadi harus menjadi petunjuk tentang seberapa fleksibel nutrisi yang disimpan oleh jus tomat.


Manfaat yang Dapat Anda Hindari:


Mari kita melihat lebih dalam beberapa manfaat yang terkait dengan jus tomat.

Pencernaan Aids: Konsumsi jus tomat secara teratur mengandung banyak serat yang membantu sistem pencernaan dengan merangsang produksi jus pencernaan dan gerakan peristaltik untuk mengatur pergerakan usus. Ini membantu mencegah terjadinya diare dan sembelit. Kandungan airnya juga menjaga kesehatan usus secara keseluruhan dan menghilangkan racun dalam sistem pencernaan

Mempertahankan tekanan darah: Konsumsi jus tomat setiap hari menurunkan risiko tekanan darah atau dikenal sebagai hipertensi. Jus tomat mengandung kalium yang diketahui dapat menyeimbangkan efek natrium pada pembuluh darah. Sebagai vasodilator, potasium berfungsi untuk menghilangkan stres pada arteri dan jantung dengan meningkatkan sirkulasi darah.

Melindungi jantung: Jus tomat mengandung likopen yang mencegah oksidasi lemak dan menurunkan kadar LDL yang juga dikenal sebagai kolesterol jahat. Jika dibiarkan tidak terkendali dan tidak seimbang, timbunan lemak menyebabkan penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung. Ini juga mengandung folat yang membantu menyeimbangkan homocysteine ​​asam amino yang merupakan produk sampingan dari pemecahan protein dalam tubuh dan meningkatkan risiko serangan jantung. Kalium juga bekerja bersama dengan komponen lain untuk memastikan kesehatan jantung Anda. Ini melindungi otot-otot jantung terhadap kerusakan dari efek tekanan darah.

Comments

Popular Posts